AREMA ROCK'S ASIA

13.33 [Ai] Arema Indie 0 Comments

AREMA + AREMANIA WILL ROCKS ASIA


AREMA ROCKS ASIA, atau klo di-Indonesia-in menjadi, AREMA MENGGUNCANG ASIA. Akankah bisa terjadi? Arema dah mengawali kompetisi ini (AFC Champions League) dengan cukup baik walaupun hasilnya adalah kekalahan, Yaitu ketika pertandingan pertama Liga Champions Asia Grup G, Arema dijamu Cerezo Osaka, Jepang. Arema dikalahkan dengan skor 2-1, Namun sebagian besar pengamat bola, media dan pecinta Arema sendiri menyebutnya itu bukan kegagalan, bahan pelatih Cerezo yang pertamanya meremehkan Arema, mengaku setengah terkejut karena Arema mampu menyesuaikan cuaca dingin di Osaka. dan hanya kalah tipis. Itu adalah prestasi tersendiri untuk tim sekelas Indonesia.

Sebagai wakil satu-satunya dari Indonesia bahkan di Asia Tenggara dipentas liga para juara-juara Asia, Arema diandalkan untuk tidak tampil setengah-setengah dan diharapkan bisa unjuk gigi supaya seluruh Asia tau, di Indonesia ada tim yang bisa mengguncang tim-tim unggulan Asia yaitu AREMA INDONESIA FC. Walaupun banyak kalangan yang ga yakin akan kiprah Arema di level Asia setelah sempat dihajar 4 gol tanpa balas oleh Jeonbuk Hyundai Motors wakil Korea Seatan di Kanjuruhan, 16 Maret kemarin. Saat itu memang skuad Arema sedang diliputi ketidakpastian mengenai turunnya gaji sehingga mengganggu persiapan menghadapi laga tersebut. Meskipun begitu peluang Arema Indonesia untuk bersaing di Grup G belumlah tertutup.
Klasemen Sementara AFC Champions League 2011 Grup G

Saat ini, hari ini, sore ini musuh baru telah datang di Malang. Adalah wakil China, Shandong Luneng Taishan FC, jawara China Super League 2010. Sementara ini Shandong di Grup G LCA 2011, baru mengemas 3 poin dari hasil 2 kali bermain, menang 1 kali atas Cerezo Osaka dikandang dan kalah waktu tandang di markas Jeonbuk. Sedangkan Arema masih dapat poin 0 akibat kalah di Osaka dan kalah di Kanjuruhan oleh Jeonbuk.
Lima Pertandingan terakhir Arema Indonesia FC dan Shandong Luneng Taishen FC

Sebenernya kiprah Shandong Luneng ga bagus-bagus amat di level Asia, bahkan pelatih Shandong, Branko Ivanovic asal Serbia mengaku trauma dengan tim dari Indonesia. Alkisah tahun lalu ketika di pentas AFC Cup Shandong sempat bertemu dengan wakil Indonesia, Sriwijaya FC. Ketika itu di Palembang, anak-anak Shandong sempat unggul terlebih dahulu dengan skor 0-2, namun apa yang terjadi? Ternyata di menit-menit berikutnya Sriwijaya malah mampu membalikkan keadaan, dan Shandong harus kalah 4-2 di markas Sriwijaya, Stadion Jakabaring,  kala itu.

Apalagi saat Press Conference, Ivankovic berkali-kali menyebut Arema adalah tim yang kuat dan bisa mengejutkan lawan-lawannya. "Arema adalah tim yang kuat dan berpotensi menciptakan kejutan, karena ada Miroslav Janu, pelatih asal Ceko yang mempunyai kultur baik dalam hal sepakbola, Arema juga adalah klub yang terkenal dan mereka akan didukung oleh Aremania di stadion, dimana hal tersebut akan membuat pertandingan ini berjalan menarik," ujar Ivankovic. Bahkan setelah menyanjung-nyanjung Arema, Ivanovic hanya berani menargetkan seri pada pertandingan sore ini, jadi inilah kesempatan Arema meraih poin penuh di kompetisi LCA tahun ini. Klo ga sekarang, kapan lagi?

Cedera, Permainan dan Mental
Disisi lain, sore ini mungkin Arema terpaksa mengandalkan skuad lokalnya dikarenakan cederanya beberapa pemain asingnya. Jika Roman Golian stoper anyar Singo Edan dah pasti ga bisa dimainkan dikarenakan telat mendaftar di LCA, sedangkan Along cedera engkel, Esteban cedera hamstring, dan Chmelo yang cedera otot paha, jadi hanya Ridhuan yang ada di posisi play on. Kemungkinan hanya Along dan Chmelo yang kemungkinan bisa diturunkan, itu pun harus dipaksakan main dan mungkin ga full time, sebagai cadangan masuk di tengah pertandingan atau sebagai starter dan diganti pada akhir-akhir pertandingan. Sedangkan di kubu Shandong gelandang Cui Peng dapat kartu merah saat Shandong Luneng menang 2-0 atas Cerezo Osaka. Wang Yongpo, yang mencetak gol kedua Shandong, juga harus absen karena akumulasi kartu kuning.

Jika Arema mempunyai karakter permainan yang keras dan ngotot, kemungkinan itu juga di punyai oleh pemain-pemain Shandong, terbukti dengan catatan buruk dalam disiplin dengan delapan kartu kuning dan satu merah dalam dua pertandingan LCA mereka. Sedangkan di sisi mental bertanding, ini yang harus segera dibenahi dalam skuad Arema. Dalam setiap pertandingan yang dilakoninya, Arema selalu menunjukan permainan yang apik, namun ga konsisten. Seperti ketika melawan Jeonbuk, babak pertama Arema cukup mengimbangi permainan anak-anak Korea Selatan ini namun pada babak kedua, Arema mulai kedodoran dan jadi bulan-bulanan sehingga kalah telak 0-4 dikandang sendiri. Begitu juga saat Arema ditahan 1-1 oleh Sriwijaya FC, babak pertama Arema begitu menguasasi pertandingan hingga unggul 1 gol oleh Musafri, namun permainan apiknya tak berlanjut pada babak kedua dan akhirnya gol dari Budi Sudarsono memaksa hasil seri. Semoga hal ini cepat dibenahi oleh Janu dan anak-anak Arema bisa bermain konsisten dan tak terganggu oleh faktor non teknis.

Intinya, bukanlah hal mustahil jika Arema bisa menang sore ini, dibekali dengan keyakinan, tekad yang kuat, seta dukungan Aremania, Kita pasti bisa mengguncang Asia.
AREMA will ROCK'S ASIA!!!

Salam Satu Jiwa

0 komentar: